Thursday, August 1, 2013

KEBURUKAN ITU LAKI-LAKI

Saya kadang berpikir bahwa mungkin kejahatan dan keburukan itu bergender laki-laki. Agaknya memang tidak berdasar, dan sebetulnya pun saya sangat menolak pola-pola pemikiran gender-sentris semacam itu. Tapi anggap saja ini sebagai lelucon, bahwa berkali-kali saya harus menerima kenyataan atas banyaknya peradaban yang telah menggambarkan bukti-bukti itu.

Kesalahan pertama yang dilakukan oleh manusia, dilakukan oleh Adam dan ia seorang laki-laki. Pembunuhan pertama, Qabil terhadap Habil, ia seorang laki-laki. Firaun, raja kejam perbudakan serta hitler, sang mesin pembunuh jutaan nyawa, mereka adalah seorang laki-laki. Atau Malin Kundang si anak durhaka yang dikutuk menjadi batu, adalah seorang laki-laki.  

Lalu berlanjut pada sampah-sampah busuk ini. Pelaku penganiayaan, perampokan disertai pembunuhan, pencurian, pemerkosaan di dalam angkot, geng motor, preman-preman, kekerasaan dalam rumah tangga dan seterusnya, semuanya selalu mengarah pada laki-laki sebagai subjeknya. Hal-hal tersebutlah yang membuat saya berpikiran bahwa mungkin perang melawan kejahatan yang selama ini dilakukan, sebenarnya adalah perang melawan laki-laki.

-----

Tapi disamping itu semua, dalam pengertian yang lain,
 buat saya perempuan tetap yang paling “membahayakan” 



No comments: